Jalan-jalan asyik di Kota Tasikmalaya 2

Esok paginya, setelah sholat subuh, masing-masing memulai aktivitas sendiri-sendiri. Ada yang masih mager, ada yang rajin langsung mandi, ada yang lari pagi, ada juga yang memilih jalan-jalan pagi sambil mencari sarapan. Sekitar pukul 07.00 WIB, semuanya mulai siap-siap packing untuk perjalanan berikutnya dan pulang ke Bandung. Namun teman yang meminjamkan rumah singgahnya menelpon dan meminta kami menunggunya karena beliau sudah menyiapkan sarapan untuk kami semua.

Dokumen Pribadi

Sekitar pukul 08.00 WIB, tuan rumah pun datang. Beliau membawa nasi goreng untuk sarapan. Waaah... tuan rumah yang luar biasa. Beliau sengaja loh membuat nasi goreng sendiri khusus untuk kami. Terima kasih ya. Nasi gorengnya enak banget. Beneran deh.

Selesai sarapan, kami pun langsung menuju bis dan menuju destinasi berikutnya. Salah satu teman yang juga orang Tasik mengajak kami ke tempat wisata berupa hutan pinus. Ada tempat buat ngopinya juga katanya. Kami, emak-emak yang kurang piknik ini seneng-seneng aja lah diajak kemana juga. Yang penting bisa foto-foto. Hehehe.

Ternyata perjalanan ke hutan pinus ini benar-benar penuh drama. Jalanan yang kami lewati kecil, nanjak dan berliku-liku. Kayaknya ngga ada bis yang lewat kesitu, yang banyak sih motor, mobil pribadi dan truk. Seringnya terpaksa salah satu harus ngalah agar kendaraan bisa lewat. Apalagi kalau pas di tanjakan. Deg-degan dan jadi heboh aja para emak di dalam bis ini. Alhamdulillah, kami pun sampai di area wisata dengan selamat.

Dokumen Pribadi

Waktu yang kami miliki untuk menjelajahi hutan pinus ngga banyak. Kami pun ngga menyia-nyiakan waktu, langsung naik dan mencari tempat-tempat yang keren untuk foto. Ngga lupa kami pun membeli kopi di Kopi Sarasa. Hmmm.... nikmat banget.

Turun dari Kopi Sarasa, kami langsung menuju ke tempat oleh-oleh di daerah Indihiang Tasikmalaya. Aneka camilan khas Tasik tersedia di sana. Kami membeli oleh-oleh secukupnya, selain dikejar waktu karena kami akan pulang ke Bandung sekitar pukul 15.00 WIB, juga karena kami sudah banyak mendapat oleh-oleh dari teman-teman yang kampung halamannya di Tasikmalaya. Alhamdulillah banget ya. Benar-benar jalan-jalan yang asyik. Selain mendapat pengalaman dan kenangan baru, juga budget yang super minimal karena hampir semua serba gratis. Tinggal bawa badan doang. Terima kasih teman-teman yang baik hati dan dermawan. Kalian luar biasa.

Setelah itu kami menuju ke Rumah Makan Saung Ranggon di Jalan Leuwi Dahu No 81 Indihiang, Tasikmalaya.

Dokumen Pribadi

Rumah Makan Saung Ranggon menyajikan aneka makanan khas sunda. Tempatnya luas, unik, berupa gazebo, ada mushola dan tempat bermain. Makanannya enak-enak banget. Ada aneka olahan gurame, ayam, ikan asin peda, karedok, pencok, tempe mendoan, dan lain-lain. Minumannya ada kelapa muda, aneka jus, teh manis dan lain-lain. Benar-benar maknyus. Makanan yang di pesan oleh teman yang sangat dermawan itu benar- benar nikmat dan berlimpah. Sampai kami ngga sanggup untuk menghabiskannya. Terima kasih teman, semoga Allah SWT membalas semua kebaikanmu dan menggantinya dengan yang lebih banyak dan berkah. Aamiin.

Perut kenyang, saatnya kami pulang. Kami langsung menuju stasiun kereta api Tasikmalaya. Kami naik kereta api Pangandaran yang pukul 15.05 WIB. Perkiraan sampai di Bandung pukul 18.17 WIB. Selamat tinggal Tasikmalaya, sampai jumpa di jalan-jalan asyik berikutnya. Daaaah....

18 Comments

1. Aku besar di bandung mba. Tapi baru sekali kayaknya ke tasik huhuhu. Jadi malu padahal deket. Aku baru tahu ternyata di tasik ada destinasi wisata juga ya. Jadi penasaran ya aku ke sana. Kayaknya di sana tempat wisata yang nggak terlalu ramai di datangi orang kayak di jakarta ya. Soalnya aku lebih suka ke tempat wisata yang nggak terlalu ramai ama orang. Soalnya kalau ramai banget kayak jakarta atau ke lembang giti, aku jadi kurang menikmati liburannya soalnya. Ngomong-ngomong ya mba ya, itu bis berani banget ya lewat ke tempat jalan yang kecil. Ya ampunnn itu pasti deg-degan banget atuh ya. Aku aja yang ngebayanginnya aja udah serem soalnya pas bagian tanjakannya itu hihihi. Berarti hebat menurut aku skill mengemudi pak supirnya, teruji. Keren

ReplyDelete
  2. Aku juga baru kali ini mbak main ke tempat wisatanya. Lumayan rame juga sih, tapi ngga serame Bandung. Supir bisnya baru juga masuk kesitu. Makanya sampe sering diomelin kendaraan lain.

3. Hehe, gagal fokus sama gambar kue saroja. Tasik mah emang khas banget dengan sarojanya yang renyah dan gurih. Aaaahhh, jadi pengen nyemil saroja, deeehhh.

Harus naik kereta ini, mah😁

ReplyDelete
  4. Seru sekali petualangannya Mbak. Apalagi perginya bareng-bareng sama teman. Pasti heboh dan banyak cerita. Hutan pinusnya juga bagus, asri. Cuma agak giaman gitu waktu baca perjalanannya menuju ke sana. Bikin sport jantung kali ya Mbak. Deg-degan mulu. Apalagi kalau ngajak anak-anak ya hehehe. Trus pulangnya naik kereta. Wah pasti seru banget nih.

Replies
    1. Iya bikin sport jantung banget. Apalagi kalo pas di belokan & tanjakan. Harus ada yg ngatur jalan, agar salah satu ngalah dulu.

Delete
  5. Yuni kemarin ke Bandung. Nggak ke tasikmalaya. Lain kali kayaknya bisa diagendakan singgah ke tasik deh. Kok kayaknya asyik. Hehehe

Replies
    1. Ke Karang Resik aja mbak, bagus. Kalau hutan pinus, orang Tasiknya aja kyknya banyak yg blm pernah. Hehe

Delete
  6. Saya belum pernah ke Tasikmalaya, tapi melihat gambar-gambar di atas langsung terbayang sejuknya alam di sana. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa jalan ke sana.

ReplyDelete
  7. Tasikmalaya, belum pernah kesana sih. Cuma kalau lihat di internet, di tasik masih banyak tempat yang alami ya, mbak. Kayaknya enak buat liburan keluarga atau ngadain acara tertentu. Semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Tasik.

8. Hutan pinusnya cantik ya mb. Sepertinya banyak spot foto cantik di sana.
    Rmak jaman now, berwisata pasti yg dipikir poto2 dulu, ya mb, hehe.

Replies
    1. Katanya ada air terjunnya jg mbak. Tp krn keterbatasan waktu ngga sempet didatangi

Delete
  9. Aku belum pernah ke Tasikmalaya mb. Waow jalan-jalan berbarengan seru ya. Kulineran dan futu2 bareng. Next deh ada rejeki mupeng ke Tasikmalaya. Thx mb...

ReplyDelete
  10. Saya belum pernah nih ke tasikmalaya. Disana masih banyak hutan dan area wisata hijaunya yaa mmbak.. Serunya berwisata bersama gitu