Datang akan Pergi

datang akan pergi
lewat kan berlalu
ada kan tiada bertemu akan berpisah
awal kan berakhir
terbit kan tenggelam
pasang akan surut bertemu akan berpisah

Hey!
sampai jumpa di lain hari
untuk kita bertemu lagi
ku relakan dirimu pergi
meskipun
ku tak siap untuk merindu
ku tak siap tanpa dirimu

ku harap terbaik untukmu


Entah sudah berapa kali aku mendengarkan lagu ini. Lagu berjudul "Sampai Jumpa" yang ditulis dan dinyanyikan oleh grup band "Endank Soekamti" ini rasanya sungguh mengharu-biru. Biasanya aku mendengarkan lagu ini saat acara Temu-Pamit pegawai yang mutasi di lingkungan kantorku. Baik saat aku yang di mutasi atau orang lain yang kena mutasi, selalu ada saja yang mempersembahkan lagu ini. Liriknya memang sangat pas dinyanyikan di acara-acara perpisahan.

Ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Saat aku yang harus pindah dari satu kantor ke kantor lain, pastinya ada perasaan sedih, berat hati, galau dan sedikit rasa takut tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Walau pun masih dalam instansi yang sama, jenis pekerjaan yang sama, tetapi kadang lingkungan kerja dan teman-teman baru juga mempengaruhi kenyamanan dan semangat bekerja.

Kurang lebih satu tahun dan tiga bulan yang lalu, adalah saat aku yang harus pindah meninggalkan teman-teman dan suasana kantor yang sangat berarti dan berkesan bagiku. Walau sudah bersiap-siap karena memang sudah waktunya pindah, tetapi saat waktunya tiba tak urung aku menangis juga.


Dokumen Pribadi

Acara perpisahan yang diadakan oleh kantorku, persembahan teman-teman yang kreatif, lucu dan mengharukan, sampai saat ini masih membekas di hati. Sungguh sampai sekarang pun rasanya sering rindu dengan teman-teman dan kantor lama. Alhamdulillah aku masih di mutasi di kota yang sama sehingga masih sering ketemuan saat ada waktu luang.

Hari Kamis, tanggal 19 Desember 2019 kemarin, giliran teman yang lain yang kena mutasi. Walau pun aku juga belum terlalu akrab dengan mereka semua, tetapi perasaan sedih dan haru tetap ada. Saat satu per satu dari teman-teman menyampaikan sepatah-dua patah kata di acara perpisahan dan kami pun bersalam-salaman, tak terasa air mata menetes juga. Walau bagaimanapun selama satu tahun tiga bulan aku pernah mengenal dan berinteraksi dengan mereka. 


Dokumen Pribadi

Ternyata, pertemuan dan perpisahan sama-sama memberikan kesan tersendiri. Terkadang aku bertanya-tanya, berapa lama aku akan berada di kantor yang sekarang dan berapa kali lagi aku akan terkena mutasi? Semoga dimanapun berada dan bekerja, kita selalu bisa bergaul, menyesuaikan diri, menjadi orang yang baik, bekerja dengan optimal dan memberikan kontribusi yang baik. Aamiin. Dan untuk teman-teman yang mutasi, selamat bertugas dan makin sukses  di kantor baru ya... Sampai bertemu lagi di lain kesempatan. Semangat!!


Dokumen Pribadi

0 Comments