Tempat Wisata di Lembang


Berencana liburan ke Kota Bandung? Wah... tepat banget... soalnya Kota Bandung memiliki banyak destinasi yang keren dan juga terkenal dengan kuliner dan factory outletnya. Kamu belum ke Bandung kalau belum mengunjungi tempat-tempat itu. 

Tapi, akan butuh banyak waktu jika kamu ingin mengunjungi semua tempat wisata di Bandung. Mungkin kamu bisa mulai dengan mengunjungi wisata alam di Lembang. Ada beberapa tempat menarik di Lembang yang bisa kamu kunjungi, diantaranya :

Farm House Lembang

Dokumen Pribadi

Tempat ini terletak di Jalan Raya Lembang No. 108 Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan ngga terlalu jauh dari Kota Bandung. Farm House Lembang adalah tempat wisata bergaya Eropa dengan banyak tempat foto yang keren. Seperti, Rumah Hobbit (kurcaci), mini zoo, Gembok Cinta, dan Taman Bunga. Disini ada cafe dan tempat belanjanya juga. Ada tempat untuk foto preweeding dan ada tempat sewa kostum Holland  biar foto kamu  makin kece. Tarif masuknya adalah Rp 25.000 per orang dan bisa di tukar dengan welcome drink berupa 1 gelas Susu Lembang atau dapat ditukar dengan 1 sosis bakar.

Floating Market

Dokumen Pribadi

Terletak di Jalan Grand Hotel Lembang No 33 E Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Floating Market merupakan tempat wisata kuliner yang unik karena para penjual berjualan di atas perahu di atas danau. Makanan yang dijual juga beragam. Di Floating Market juga terdapat wahana permainan, Kota Mini, Mini Carnival,Playground, Penyewaan Kostum Jepang dan Korea, Rainbow Garden,Taman Kelinci, dan Miniatur Kereta Api. Tiket masuknya untuk hari biasa Rp 20.000, untuk weekend Rp 25.000.

Dusun Bambu

Dokumen Pribadi

Dusun Bambu terletak di Jalan Kolonel Masturi Km 11, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Taman yang luas dan tertata apik, ada CafĂ© Burangrang yang asyik untuk bersantap sambal menikmati pemandangan sekitar yang indah, Restoran Purbasari berupa saung-saung yang mengelilingi danau kecil dan Restoran Lutung Kasarung berupa tempat-tempat berbentuk sangkar burung yang terletak di ketinggian dekat pohon-pohon,ada Pasar Khatulistiwa yaitu pujasera yang menyediakan berbagai jenis jajanan, wahana permainan, camping ground, villa dan taman terbuka yang luas. Pemandangannya asri dan indah dengan beragam bunga yang cantik dan berwarna-warni. Tiket masuknya Rp 25.000 untuk weekdays, dan Rp 30.000 saat weekend.

Orchid Forest

Dokumen Pribadi

Orchid Forest terletak di Cikole, Lembang. Tempat ini juga merupakan taman yang luas dan tertata apik. Sesuai dengan namanya, di sini juga terdapat berbagai jenis anggrek.  Kamu juga bisa melihat bahkan membeli anggrek karena disana ada rumah anggreknya juga.

Selain itu, di Orchid Forest terdapat juga berbagai macam wahana permainan, tempat untuk berkemah, tempat makan,children playground, dan spot foto yang kece abis.  Ada bangku kayu di bawah pohon pinus, sehingga kamu bisa duduk di sana dan mengambil beberapa gambar. 

Ada jembatan bambu panjang di antara pohon-pohon pinus yang terlihat sangat indah. Kamu dapat berjalan di jembatan itu dan kembali melalui taman di bawah jembatan atau turun dengan menggunakan flying fox. Ada taman dengan payung berwarna-warni. Banyak banget deh pokoknya. Tarif masuknya juga relatif murah, yaitu Rp 35.000.

Taman Grafika Cikole

Terletak di daerah Cikole, Lembang, tepatnya di Jalan Raya Tangkuban Perahu Km 23 Cikole, Lembang, ngga jauh dari Orchid Forest. Objek wisata merupakan hutan pinus yang digunakan untuk area camping dan outbond. Selain itu juga terdapat penginapan dan tempat untuk wisata kuliner.Harga tiket masuknya Rp 15.000.

Tangkuban Perahu

Dokumen Pribadi

Ngga jauh Orchid Forest dan Taman Grafika Lembang, kamu bisa tiba di Tangkuban Perahu. Letaknya masih di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikole, Lembang. Gunung ini terkenal dengan Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. 

Gunungnya berbentuk seperti perahu terbalik. Konon katanya, gunung itu terbentuk karena perahu yang dibuat oleh Sangkuriang ditendang dan terbalik sebagai bentuk kekesalan dan kekecewaan dari Sangkuriang karena perahu yang dibuatnya ngga bisa diselesaikan tepat waktu. 

Tangkuban Perahu juga terkenal karena pemandangan sekitar dan di area kawahnya yang indah. Terdapat 3 kawah yang cukup populer, yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas. Diantara ke-3 kawah tersebut yang paling populer adalah Kawah Ratu. Di Tangkuban Perahu juga ada banyak tempat yang menjual oleh-oleh berupa produk lokal, warung makanan dan bangku-bangku untuk duduk sambal ngopi dan menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya.

Sindang Reret Lembang

Sindang Reret merupakan rumah makan yang menyajikan masakan khas sunda seperti ikan gurame, ayam goreng, sambal, lalapan, dan lain sebagainya. Namun di Sindang Reret Lembang ini, selain rumah makan juga terdapat penginapan dan tempat outbond. Kamu bisa datang kesini untuk semuanya atau hanya untuk makan atau hanya outbond saja juga bisa. Tempat outbondnya juga luas dan terdapat berbagai wahana permainan baik untuk anak-anak maupun dewasa.

D'Ranch

Wisata ala cowboy ini terletak di Jl. Maribaya No. 17 Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kamu bisa menunggang kuda dan berpakaian ala-ala cowboy disuni. Ada beragam wahana permainan juga, seperti flying fox, naik kuda, delman, wahana air, dan lain-lain. Tiket masuknya Rp 15.000. O iya disini juga ada tempat kulinernya.


Nah, bagaimana menurutmu tentang objek wisata di Bandung khususnya kawasan Lembang? Menarik, bukan? Rencanakan segera untuk liburan di Bandung. Setidaknya, kamu memerlukan 2 atau 3 hari untuk dapat menjelajahi lebih dari 1 objek wisata. Selain kemacetan saat akhir pekan atau hari libur, sepertinya ngga mungkin menghabiskan sedikit waktu di setiap tempat, karena tempat-tempat wisata itu terlalu indah dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Selamat liburan!

0 Comments