Wisata Belitung

Koleksi Pribadi

Yeaaaay.... akhirnya bisa liburan juga... begitu kira-kira perasaanku saat itu ketika Pak Suami tiba-tiba ngajak liburan ke Belitung. Waaaah... girang banget dah... apalagi aku juga belum pernah kesana. Makanya berasa kayak dapat lotre. Secara ya menyesuaikan jadwal 5 orang itu susah banget. Suami sibuk dengan kerjaannya, anak- anak sibuk dengan sekolahnya dan kalau nunggu liburan sekolah, harga tiket biasanya agak mahal. Jadi, biasanya kami perginya dadakan. Makanya jarang pergi lama-lama. 3-4 hari juga lumayanlah buat refresh.

Ceritanya berangkatlah kami ke Belitung. Sampai di Bandar Udara Internasional H.A.S Hanandjoeddin, Tanjung Pandan sekitar jam 16.30- 17.00 WIB. Seperti biasa, nyempetin foto-foto dulu lah buat kenang-kenangan.

Keluar dari bandara,  rencananya mau naik taksi ke hotel. Tapi ditunggu-tunggu kok ngga ada taksi ya?  Untungnya ada bapak-bapak yang nawarin sewa mobil. Katanya di Belitung memang ngga ada angkutan umum, taksi pun hanya beberapa unit. Alternatifnya paling sewa mobil.

Akhirnya sampailah kami di hotel tempat kami akan menginap malam itu. Karena semua serba dadakan, pesan hotel pun dadakan. Malam itu kami menginap di Airy Tanjung Pandan Gatot Subroto 118 Belitung. Lumayan jauh sih dari Bandara. Harga sewanya murah, yaitu sekitar Rp 200.000 an per malam udah termasuk sarapan. Alhamdulillah pas dapat harga promo. Tapi hotelnya cukup bagus kok. Kamarnya juga bersih dan nyaman. Ada AC, TV, Kulkas, dan ada water heater juga.

Malam itu, kami makan malam di kedai dekat hotel. Sengaja mencari yang dekat, biar kami punya cukup waktu untuk istirahat, sehingga esok siap untuk ngebolang. kami akan dijemput oleh mobil sewaan sekalian tour guidenya dengan harga sewa per hari Rp 500.000.

Credit:Google

Esok harinya, setelah sarapan dan check out hotel, berangkatlah kami ke tempat wisata. Tujuan kami hari itu adalah ke daerah Manggar, Belitung Timur. Tempat-tempat yang kami kunjungi di hari pertama ngebolang di Belitung adalah :

1. Danau Kaolin

Koleksi Pribadi

Adalah danau yang terbentuk akibat tertampungnya air pada sisa-sisa galian penambangan kaolin. Perpaduan warna  daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala membuat Danau Kaolin terlihat mempesona. Kaolin sendiri merupakan mineral yang digunakan sebagai bahan untuk membuat kosmetik, pasta gigi, makanan, dan kertas.

2. Museum Kata Andrea Hirata

Koleksi Pribadi

Museum ini didirikan oleh Andrea Hirata, penulis novel 'Laskar Pelangi' yang terkenal itu. Bangunannya unik, menarik dan berwarna-warni. Terdapat banyak kata-kata mutiara yang inspiratif di tembok-tembok museum ini.

3. Replika SD Laskar Pelangi

Koleksi Pribadi

Merupakan replika dari sekolah SD Muhammadiyah Gantong yang ada dalam cerita novel/film 'Laskar Pelangi'. Bangunannya terdiri dari kayu dan beratap seng yang terletak di tengah-tengah lapangan berpasir putih. Tempat ini mengingatkan pada cerita 10 anak dalam novel/film Laskar Pelangi, yaitu Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun yang menimba ilmu di sekolah ini dengan guru yang baik hati dan penuh perhatian, yaitu Ibu Muslimah.

4. Kampoeng Ahok

Koleksi Pribadi

Merupakan kampung dari Bapak Basuki Tjahaja Purnama (Bapak Ahok), mantan Gubernur DKI Jakarta. Terletak di daerah Manggar, Belitung Timur. Kampung ini didirikan oleh adik dari Bapak Ahok, yaitu Bapak Basuri di seberang rumah keluarga Bapak Ahok. Disini dijual berbagai macam souvenir, cemilan khas Belitung, dan ada galeri batik khas Belitung, yaitu Batik Simpor.

5. Rumah Makan Fega

Koleksi Pribadi

Rumah Makan seafood yang terletak di tepi danau dan didesign berbentuk kapal. Di pinggir danaunya terdapat sebuah dek. Bagus untuk foto-foto. Makanannya enak, harganya juga cukup terjangkau, dan ada menu ikan kuah kuning khas Belitung yang disebut 'Gangan'

6. Vihara Dewi Kwan Im

koleksi pribadi

Merupakan Vihara terbesar dan tertua di Belitung. Bangunannya megah, pemandangannya indah, terdapat banyak tangga, dan ada patung 'Dewi Kwan Im'

Setelah puas ngebolang, kami check in hotel untuk mandi dan istirahat biar besoknya siap ngebolang lagi. Kali ini kami menginap di hotel Maxone, di Jalan Sriwijaya Tanjung Pandan, Belitung. Hotel dan pelayanannya bagus. Saat itu kami mendapatkan kamar dengan tarif per malam Rp 450.000. Untuk makan malam, kami mencari di daerah sekitar hotel.

koleksi pribadi

Esok harinya, setelah mandi dan sarapan, kami bersiap-siap untuk explore Belitung. Tujuan kami di hari ke-2 ngebolang adalah mengunjungi pantai-pantai di Belitung yang terkenal dengan keindahannya, antara lain :

1. Pantai Tanjung Kelayang

koleksi pribadi

Pantai ini merupakan tempat start untuk tour ke pulau-pulau kecil disekitarnya, seperti Pulau Burung, Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Lengkuas. Di sekitar pantai terdapat banyak perahu nelayan yang bisa disewa. Harga sewanya saat itu sekotar Rp 450.000 - Rp 500.000.

2. Pulau Burung

Koleksi Pribadi

Terletak paling dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Dinamakan Pulau Burung karena batu-batuannya membentuk seperti burung garuda yang sedang hinggap. Pantai ini berpasir putih dan berbatuan granit.

3. Pulau Pasir

Koleksi Pribadi

Adalah pulau yang muncul ke permukaan laut ketika airnya sedang surut. Setelah naik kapal dari Tanjung Kelayang, kita bisa berhenti dulu disini untuk foto-foto. Pemandangannya indah, pasirnya putih, dan banyak bintang laut. Keren deh pokoknya.

4. Pulau Batu Berlayar

koleksi pribadi

Di pulau ini, formasi bebatuannya terlihat seperti layar perahu, sehingga disebut Pulau Batu Berlayar. Batu-batu ini berdiri diatas pulau berpasir putih dengan air laut yang berwarna biru.

5. Pulau Lengkuas

koleksi pribadi

Destinasi terakhir setelah naik kapal melewati pulau-pulau tadi adalah Pulau Lengkuas. Pulau ini terkenal karena keindahannya, airnya biru, jernih, dan  pasirnya putih. Disini juga terdapat mercusuar yang merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Setelah puas bermain di Pulau Lengkuas, kami kembali ke Tanjung Kelayang untuk makan siang. Menunya tentu saja seafood dan ikan bakar bumbu kuning khas Belitung. Minumnya kelapa muda. Mantap banget kan.

6. Pantai Tanjung Tinggi

Credit:Google

Selesai makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Tinggi. Terletak diantara pantai Tanjung Kelayang dan pantai Tanjung Pendam. Seperti pantai-pantai sebelumnya, pantai ini juga memiliki batu-batuan besar, pasirnya putih, airnya hijau biru dan jernih.

7. Pantai Tanjung Pendam

koleksi pribadi

Pantai ini terletak di pusat kota Belitung dan gampang diakses sehingga menjadi sasaran kunjungan warga Belitung yang ingin bersantai dan menikmati senja di pinggir pantai. Tiket masuknya juga murah banget loh, cuma Rp 2.000.

8. Tempat Oleh-Oleh Klapa

Jalan-jalan kalau ngga beli oleh-oleh kayaknya kurang gimana gitu. Jadi mampirlah kami ke Klapa. Tempat yang menjual oleh-oleh khas Belitung. Yang kubeli sih hanya macam-macam kopi. Kebetulan temen-temen di kantor hobbynya ngopi.

Waaah...  pantai di Belitung benar-benar keren, airnya jernih, pasirnya putih, batu-batunya besar, dan pemandangannya juga luar biasa  bagus. Masyaa Allah. Rasanya betah berlama-lama bermain air dan pasir disana. Tiket  masuknya juga relatif murah. Yang mahal paling karena harus sewa kapalnya itu. Dan yang bikin makin seneng adalah jalanannya sepi, lancar alias ngga ada kata macet.

12 Comments

  1. Yeayy, asyik bangets mbak
    Berarti 3 hari cukup ya ke Belitung. Ini memang nginep di hotel yang berbeda ya. Bisa diikuti nih itinerary nya. TFS

    ReplyDelete
  2. Mengunjungi lumayan banyak pantai di hari kedua, apa memang jarak pantainya itu berdekatan, Mbak. Yuni kalau sudah di pantai suka lupa waktu. Pasti lama mainnya. Hehehehe

    ReplyDelete
  3. Deketan, pgnnya sih lama2 tp ngga kuat jg panas. Yg dr tj kelayang sewa kapal kan brenti di bbrp pulau. Paling yg bikin lama di Pulau Lengkuas apalagi klo mo snorkeling jg

    ReplyDelete
  4. Pantai pantainyaa uwoow.. Manteep cantiknya. Tapi pengin juga sih ke museum kata nya andrea hirata.
    Mengenang kisah tetralogi laskar pelangi.
    Semoga suat saat bisa berkunjung kesini

    ReplyDelete
  5. wah...saya terhipnotis dengan danau kaolin. bekas tambang tapi bisa bagus gitu ya? memang akhirnya dikelola untuk wisata? nggak di restorasi?

    ReplyDelete
  6. Belitung memang bagus banget, kulinernya juga enak-enak, cocok sih aku. Pengennya sih jelajah ke Bangka juga...Kayaknya bagus ya u diexplore...

    ReplyDelete
  7. Senangnya bisa liburan ke Belitung sekeluarga. Itu masih jadi mimpi saya, hehe. Paling sering disebut tuh Danau Karolin dan Replika SD Laskar Pelangi ya. Bikin mupeng :)

    ReplyDelete
  8. Pulau belitung memang indah dan bikin mupeng pengen kesana.... Jadi wisatanya 3 hari yaa disana? Meskipun sebentar tapi udah cukup ya mbak me refresh otak dan hati kita. jadi siap tempur lagi deh setelah liburan

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah saya sdh pernah ke sana atas biaya kantor, hehe.

    Belitung gitu, loh. Walau berpanas2 ria di sana, hasil jepretan spot foto di Belitung memang luar biasa bagus.

    Eman waktu itu saya belum mengenal blog. Jadi banyak foto yang terbuang dan nggak terekam jejaknya.

    Jadi oingin ke Belitung lagi.

    ReplyDelete
  10. Wah,asyik ya traveling ke Bwlitung, sangat indah

    ReplyDelete
  11. Setiap dengar atau baca 'Belitung', langsung film.Laskar Pelangi yang berputar kembali di benak saya. Dan melihat postingan ini, Masyaallah... indah banget Mbak...

    ReplyDelete