Manfaat Jalan Kaki

Dokumen Pribadi

Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dan murah.  Jalan kaki bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Jalan kaki menjadi olah raga pilihanku. Kalau hari biasa, aku menyempatkan jalan kaki mengelilingi rumah aja karena pulang kantor biasanya menjelang maghrib. Lebih praktis aja sih daripada harus pergi ke luar rumah. Sedangkan saat weekend, biasanya aku dan suami menyempatkan jalan pagi, kadang keliling komplek, kadang sengaja datang ke Gelanggang Olah Raga.
Manfaatnya kalau menurutku sih selain tubuh menjadi lebih bugar juga sekalian untuk cuci mata dan mendapat vitamin D gratis dari sinar matahari.
Nah, menurut para ahli dan mengutip dari doktersehat.com, jalan kaki banyak banget manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Apa aja sih? Yuk simak!

Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Dengan berjalan kaki berarti kita juga sekaligus melatih otot tubuh lainnya seperti otot paha, perut, tangan, dan punggung. Sehingga bagus untuk memperbaiki postur tubuh. Berjalan kaki juga dapat menghindarkan dari postur tubuh yang bungkuk.

Meningkatkan Energi

Terkadang kita berpikir bahwa olah raga itu melelahkan dan menguras energi. Padahal  dengan berolah raga dapat menjadi  pendongkrak energi. Hal ini karena dengan olah raga peredaran darah kita menjadi lancar. Dengan berolahraga darah terpompa secara lancar ke seluuh tubuh sekaligus memberikan tambahan suplai oksigen.

Menurunkan berat badan

Menurut para ahli, berjalan kaki dapat menurunkan berat badan loh. Hal ini karena dengan berjalan kaki dapat memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolime karbohidrat, protein, dan lemak sehingga bisa mengurangi jumlah lemak dalam perut. Wah, jadi makin semangat nih berjalan kaki.

Meningkatkan kinerja otak

Ternyata dengan berjalan kaki dapat meningkatkan kinerja otak loh. Sehingga ngga mudah pikun Katanya berjalan kaki selain berguna untuk meningkatkan fungsi anggota gerak tubuh, juga dapat memberikan pengaruh yang baik bagi otak. Saat berjalan kaki–ukuran hippocampus–bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks.

Mengurangi gejala varises

Gejala varises disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar kaki dan bertambahnya usia. Untuk mencegah dan mengurangi varises caranya adalah dengan berjalan minimal 30 menit setiap harinya.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Berdasarkan penelitian berjalan kaki setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20-40 persen dan mengurangi resiko penyakit jantung 30 persen lebih rendah. Selain itu,  berjalan kaki juga dapat menurunkan diabetes tipe 2 hingga 30 persen. Dengan berjalan kaki,  otot bekerja lebih sehingga kemampuannya untuk menyerap glukosa meningkat.

Menurunkan risiko demensia

Manfaat jalan kaki berikutnya  adalah menurunkan risiko demensia. Baik jalan cepat atau santai asal dilakukan secara rutin dapat membuat aliran darah ke otak menjadi lancar, menurunkan risiko penyakit pembuluh darah, dan menjaga fungsi otak di usia tua.

Meningkatkan sistem kekebalan Tubuh

Berjalan kaki minimal selama 30 menit setiap hari dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis terjadi karena kurangnya asupan kalsium. Agar kalsium dapat terserap dengan baik maka dianjurkan untuk berjalan kaki untuk mempertahankan kesehatan tulang.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kebanyakan dari kita adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah mengonsumsi makanan berat sehingfa menganggu kinerja sistem pencernaan. Agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan maksimal, berjalan kakilah selama kurang lebih 30 menit. Selain melancarkan pencernaan juga membantu menjaga agar kadar gula tetap stabil.

Membuat perasaan lebih baik

Dengan rutin berjalan kaki, sistem saraf akan mengalami perubahan yang membuat suasana hati menjadi lebih baik, sehingga menimbulkan rasa senang dalam diri.  Rutin berjalan kaki dapat juga dapat mencegah dan mengurangi stres. Hal ini karena tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik dan mengurangi rasa cemas.

Wah, ternyata dibalik olah raga yang mudah dan murah ini terdapat segudang manfaat yang ngga ternilai harganya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk sempatkan dan rutinkan berjalan pagi! Akan lebih seru dan semangat jika dilakukan dengan teman-teman atau keluarga. Selamat berjalan kaki...

10 Comments

  1. Ooohhh..Ternyata byk jg manfaatnya jalan kaki ya... Mulai skrg hrs mulai giat jogging nih...

    ReplyDelete
  2. Waah salah satu aktivitas kesukaanku nih berjalan. Apalagi kalau jalannya di taman yang teramat dan banyak pohon ya, makin segar deh rasanya

    ReplyDelete
  3. Iya saya rasa tahu ini kekurangan saya adalah kurangnya jalan kaki, padahal dulu PP sekolah menempuh 15 km sangat sehat sekali

    ReplyDelete
  4. Saya suka yang paling akhir. Membuat jiwa kita jadi lebih sehat. Melakukan hal baik dan bermanfaat tentu memberikan nilai positif pada diri kita, support vitamin untuk jiwa kita. Thanks ya mbak udah berbagi lewat artikel ini

    ReplyDelete
  5. Setiap pagi yuni jalan kaki ke kantor. Kurang lebih 10 menit. Pulangnya juga begitu. Berarti kurang 10 menitan lah ya untuk ukuran minimal. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku lagi seringin lagi jalan kaki nih mbak, lumayan enak ke badan jadi lebih sehat

    ReplyDelete
  7. Sejak ada masalah dng lutut, aku mengurangi jalan kaki. Mau nyoba lagi jalan kaki deh, pelan² engga ditarget hrs brp ribu langkah. Manfaatnya banyak...

    ReplyDelete
  8. wah ternyata banyak banget yaaa manfaat jalan kaki ini. padahal untuk melakukannya gak perlu biaya mahal,,, ini olahraga paling simpel dan murah meriah banget....

    ReplyDelete
  9. Wah, banyak ya manfaat bagi tubuh dengan olahraga berjalan kaki

    ReplyDelete
  10. banyak ya manfaat jalan kaki, alhamdulillah sy mah hobi jalan kaki dan kalau bisa sehari 5000 langkah, hehe

    ReplyDelete