Jalan-Jalan di Kota Garut


Destinasi liburan kali ini adalah Kota Garut. Aku berangkat bareng temen-temen yang satu ruangan di kantor. Family gathering ceritanya. Jadi dipilihlah destinasi yang ngga terlalu jauh dan bisa diexplore dalam waktu 2 hari 1 malam.

Kami berangkat Sabtu pagi sekitar jam 7 an. Sampai disana sekitar jam 10 an. Kami tinggal di Villa Rosant di daerah Cipanas, Garut. Villanya besar dan nyaman.  Villa Rosant terdiri dari 2 lantai, ada teras depan yang cukup untuk parkir 3 buah mobil,  kamarnya ada 4 buah, 2 di lantai atas dan 2 di lantai bawah, ada ruang tamu, ada ruang keluarga yang luas banget plus kasur tambahan, ada dapur lengkap dengan peralatannya, juga ada taman dan gazebo untuk pesta barbeque, serta ada kolam renang juga. Cocoklah buat kami bersepuluh ditambah 3 orang anak kecil. Harga sewanya juga lumayan murah, Rp 1.500.000 per malam. Ya... lumayan murah lah secara kami banyakan.

Setelah menyimpan barang-barang dan istirahat sejenak, kami pun pergi jalan-jalan. Tempat yang dikunjungi di hari pertama di kota Garut adalah :

1. Tempat Makan Mulih  ka Desa
Karena hari sudah siang dan perut mulai keroncongan,  maka tujuan pertama kami adalah tempat makan. Tempatnya ngga jauh dari villa sewaan kami, yaitu masih di daerah Cipanas, Garut. Nama tempat makannya adalah Mulih Ka Desa. Sesuai dengan namanya, tempat ini bernuansa pedesaan. Ada saung-saung untuk tempat makan, ada kolam ikan, sawah, pohon, ada taman bermain, musholanya juga ada. Menu makanannya tentu saja masakan sunda dengan nasi, ayam goreng, ikan goreng, ikan asin jambal, sambal, dan lalapan.  Minumannya ada kelapa muda, teh, dan aneka jus. Harganya juga standar. Kalau dihitung-hitung, per orang sekitar Rp 50.000 an.



2. Kamojang Eco Park
Selesai makan dan foto-foto disana, kami melanjutkan perjalanan. Tujuan kami adalah Kamojang Eco Park. Taman hutan pinus yang kece, dilengkapi dengan spot foto yang instragramable. Tiket masuknya juga murah meriah, yaitu Rp 15.000 saat weekend. Selain itu ada wahana-wahana permainan juga. Seperti ATV, skygate, extreme swing, flying  fox, dan lain-lain.



3. Darajat Pass
Puas menikmati keindahan hutan pinus dan foto-foto di Kamojang Eco Park, kami pun melanjutkan perjalanan ke Darajat Pass. Tempat wisata dengan kolam renang, pemandian air panas, view yang indah, dan tempat parkir yang luas. Udaranya yang dingin, membuat kami ingin berlama-lama berendam di kolam air panasnya dan juga membuat kami gampang lapar. Tapi ngga usah khawatir, disana juga banyak jajanan yang bisa mengurangi rasa lapar kamu. Misalnya pop mie, sosis bakar, cemilan dan lain-lain. Banyak spot foto-foto yang cantik pula.


Setelah itu kami pulang ke villa, mandi, dan makan malam. Untuk menghemat waktu, biaya dan biar suasana kekeluargaan makin terasa, kami pun memutuskan untuk memasak di villa aja. Menunya tentu saja yang simpel dan gampang, yaitu nasi goreng. Hehe. Ngirit banget kan... Tapi rasanya ngga kalah nikmat dengan makan di restoran mahal. Selain efek lapar, suasana yang hangat dan akrab juga menambah kenikmatan.

Setelah itu kami ngobrol dan yang selalu bikin seru adalah candaan dan kekonyolan-kekonyolan yang lucu. Itulah kami, hal-hal yang receh-receh pun tetap bisa bikin asyik. Sesuai dengan nama grup kami, kapan aja asyik. Ngga terasa malam semakin larut. Kami pun masuk ke kamar masing-masing untuk berstirahat.

Keesokan harinya, kami memutuskan untuk pesta barbeque di villa. Dari Bandung kami memang sengaja membawa bahan makanan yang sudah dibumbui sehingga tinggal di eksekusi. Jadi ketika kemarin sampai di villa tinggal di taruh di kulkas aja. Anak-anak kecil puas-puasin berenang. Sementara para ibu menyiapkan sarapan. Bapak-bapak juga ikut membantu. Seru dan menambah keakraban di antara kami.


Menjelang siang, setelah mandi dan packing barang-barang, kami pun bersiap-siap pulang. Sebelum pulang, kami menyempatkan diri mampir ke :

1. Sentra kerajinan kulit Sukaregang
Terletak di daerah Sukaregang, Garut. Tempat ini menjual berbagai produk yang terbuat dari kulit, seperti tas, dompet, sandal, dan sepatu. Harganya juga relatif murah. Warna dan modelnya variatif. Selain itu, disana pun ada yang menjual aneka oleh-oleh seperti dodol, kerupuk kulit, dan lain-lain.

2. Nasi liwet Asep Stroberi
Puas belanja, kami melanjutkan perjalanan pulang. Jalanan lumayan lancar. Sekitar jam 2 an kami sampai di Nasi Liwet Asep Stroberi di Jl. Raya Nagreg, Bandung. Kami berhenti untuk makan siang dan sholat. Disini makanan yang disajikan adalah masakan khas sunda diantaranya, nasi liwet yang disajikan dalam wadah yang  disebut kastrol, ayam goreng, ikan goreng, tahu, tempe, mendoan, sambal, dan lalap. Untuk minuman ada aneka jus, es jeruk, es kelapa muda, teh manis, dan lain-lain. Harganya pun relatif murah. Kalau dibagi per orang, jatuhnya sekitar Rp 50.000 an. Hanya sayang, penyajiannya lama banget. Kami menunggu hampir 30 menit baru pesanannya datang. Selain makanan, salah satu nilai plus dari Asep Stroberi adalah tempatnya yang bagus dan menarik. Banyak spot untuk berfoto dan ada wahana permainan juga. Jadi selain kenyang, bisa sekalian refreshing. Recommended lah.



Sungguh pengalaman yang sangat berkesan. Walaupun kami ngga mengunjungi banyak tempat wisata, tetapi kebersamaan dan keakraban kami semakin erat. 

13 Comments

  1. Waahh akhirnya aku tau namanya restoran asep stroberi. Udah masuk bucket list juga nih garut, pengen ke darajat pass sama asep stroberi. Noted deh gak boleh pas laper bgt ke sana yaa...

    ReplyDelete
  2. Sebetulnya banyak spot foto yg lebih bagus mbak, waktu itu karena pikirannya udah pengen pulang jadi ngga banyak ambil foto

    ReplyDelete
  3. Garut duh pengen, terimakasih mbak ulasannya pokoknya harus nyampe

    ReplyDelete
  4. Banyak juga tujuan wisata di Garut. Kulinernya enak²...

    ReplyDelete
  5. Berasa mengunjungi Garut yuni tu dengan membaca kisah perjalanan ini euy... Lengkap pisan

    ReplyDelete
  6. Kamojang eco park ini di gunung kamojang mbak? garut itu banyak gunungnya ya, burangrang juga di garut kan ya
    ..

    ReplyDelete
  7. Wah asik juga ya mbak gathering begini, Makin menambah keakraban dan anak-anak pun saling berinteraksi. Orangtua hepi, anak-anak juga enjoy yaaaa....

    ReplyDelete
  8. Kebetulan aku lagi riset beberapa lokasi wisaya di Garut, pas banget ya ketemu postingan ini. Jadi tahu juga ada Asep Stroberi, kayaknya asyik tuj buat di-explore. Btw ikutin Writinghon Garut, Mbak. Mayan lho.

    ReplyDelete
  9. Resto Asep Strowberi, menu khasnya apa ya mbak? Olaham strowberi gitu kah?

    ReplyDelete
  10. Adakah penginapan yang lebih miring bu....

    ReplyDelete