7 Tips Menurunkan Berat Badan


Credit : Google

Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita.  Kelebihan berat badan merupakan hal yang mengganggu, baik untuk penampilan maupun untuk kesehatan. Kelebihan berat badan terkadang membuat kita kesulitan untuk membeli pakaian yang pas di badan kita. Selain itu, penampilan juga jadi kurang enak dilihat. Dari segi kesehatan, kelebihan berat badan dapat memicu berbagai macam penyakit, diantaranya mudah ngantuk, mudah lelah, kolesterol, penyakit jantung, dan diabetes. Biasanya penyebab dari kelebihan berat badan adalah  karena malas bergerak dan terlalu banyak makanan/minuman  yang banyak  mengandung kalori dan gula.  Nah, tips aku untuk menurunkan berat badan simple banget, simak yuk!

Makan 3 kali sehari
Walaupun diet, jadwal makan berat tetap 3 kali sehari, namun porsinya dikurangi. Untuk nasi cukup 100 gram setiap kali makan, ditambah sayur, ikan, tahu, tempe atau daging secukupnya.


Kurangi minum manis
Kalau sudah terbiasa minum manis, mungkin agak susah untuk berhenti. Untuk itu cukup dikurangi aja. Sehari cukup minum manis 1 kali aja ya guys... Kalau bisa ngga minum manis itu lebih baik.

Banyak minum air putih
Idealnya sih minum air putih 2 liter per hari. Air putih aman dikonsumsi karena tidak mengandung kalori dan gula  Air putih bermanfaat diantaranya adalah sebagai pengatur suhu tubuh, membantu memberikan dan mengedarkan pasokan oksigen di dalam tubuh, mengontrol berat badan, dan menjaga agar kulit lebih kenyal. 

Ngemil yang banyak mengandung serat
Selingan diantara 3 jadwal makan adalah ngemil. Cemilan yang aku pilih biasanya kacang almond atau buah-buahan. Selain bisa mengganjal saat lapar, buah-buahan juga membantu agar kita tetap kenyang. Sehingga dapat mencegah makan dengan porsi berlebih.

Jangan makan makanan yang mengandung tepung
Nah... ini sih yang menurutku berat. Cemilan- cemilan yang menurutku enak rata- rata pakai tepung. Gorengan, keripik, kerupuk, siomay, pempek, biskuit, dan lain-lain. Enak-enak banget kan? Makanya aku masih sering tergoda untuk ngemil makanan bertepung ini. Padahal tepung banyak mengandung kalori loh... sehingga menghambat pembakaran lemak.

Jalan 30 menit setiap hari
Berjalan kaki 30 menit setiap hari banyak manfaatnya. Selain badan menjadi lebih bugar, jalan kaki membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori. So... jangan mager lagi ya guys!

Cukup istirahat
Istirahat   yang cukup  juga berpengaruh terhadap berat badan loh... selain kesempatan untuk ngemil menjadi lebih sedikit, tidur yang cukup dapat menjaga keseimbangan hormon yang mengendalikan nafsu makan. Tidur yang cukup dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam asupan gula bebas.

Nah... itu 7 tips menurunkan berat badan dari aku yang lagi mencoba diet.  Aku mengikuti cara dietnya temen yang udah berhasil. Selain ngga terlalu ekstrim, yang terpenting adalah masih boleh makan nasi. Hehehe. Kalau kamu konsisten, dalam 1 bulan bisa turun 1-2 kg. Manfaat yang paling aku rasakan sih, badanku yang biasanya terasa berat terutama di bagian punggung, sekarang menjadi lebih enteng dan seger. Selamat mencoba...

16 Comments

  1. Kalau saya kebalikannya Mbak. Pingin menaikkan berat badan malah hehehe. Mungkin dengan teratur ikut senam juga bisa menurunkan berat badan juga ya. Tapi senam yang pakai alat dan ada gerakan2 untuk mengurangi lemak dan penguatan otot2 tertentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo naikin berat badan kayaknya gampang. Abis senam langsung makan banyak. Kalau aku sih pasti langsung gendut­čść

      Delete
  2. Saya sampai sekarang jarang naik drastis mbak, tiap hami aja naiknya, habis nyapih ideal lagi. Tapi keren ini tipsnya, saya bagi info ke suami, dia gampang gemuk orangnya. TFS

    ReplyDelete
  3. Asyik ya kalau langsing,ngga bingung diet segala. Kalau aku sih juga ngga gendut-gwndut banget kok, cuma badan rasanya ngga fit. Kayaknya karena makannya ngga bener. Setelah nyoba diet ini walau sering nyuri-nyuri ngemil, tasanya lumayan fit

    ReplyDelete
  4. nah menghindari tepung ini berat banget emang. soalnya masih suka mendoan, bakwan, semua jenis roti. hhmmm kayanya semua makanan enak banyak tepungnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sammaaa.... aku juga masih suka cheating. Tapi dibatasin. Seminggu 2x aja, itupun cukup 1 potong. Biar ngga ngeces­čść

      Delete
  5. Jalan 30' per hari nih yg belum aku lakukan. Kalau mengurangi tepung, berusaha sih. Haha...kue, roti, mie...itu enak semuaaa...

    ReplyDelete
  6. Setelah punya anak kedua, BB aku cepet banget naiknya um huhu padahal dulu susaaah banget pengen naikin BB. Jadi pengen diet lagi ke bentuk badan dulu tapi itutuya..soal makanan dan minuman manis dan berbahan tepung yang pualing susah dihindari hiks hiks

    ReplyDelete
  7. Mengurangi tepung itu berat, kawan, hehehehe, padahal sudah tahu bahwa bahan yang satu ini pencetus kegemukan. Tapi ya tetep aja doyan banget makan roti dan kawan-kawannya. Hiks, berasa terlalu tinggi bermimpi tanpa usaha akutuh kalau ngomongin diet.

    ReplyDelete
  8. Kurangi minuman manis? Bagaimana bisa? Meski minum air putih sekalipun, kalau minumnya sambil lihat yuni kan tetap terasa manis. Eya...

    Anyway, tips diet begini yang yuni cari. Masih tetap makan tiga kali sehari. Masih ada jatah nyemilnya. Dan paling berat memang harus mengurangi makanan yang mengandung tepung. Huft...

    ReplyDelete
  9. Susah nh kurangi minum manis, aku yag pecinta teh manis hangat dan susu coklat panas ahhahha. Tapi layak dicoba nih mengingat liat angka timbangan jadi males banget

    ReplyDelete
  10. Jalan 30 menit setiap hari, kalau jalan di dalam rumah aja, seperti mondar-mandir beresin rumah itu udah termasuk olah raga bukan ya? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg aku lakukan klo ngga sempet keluar. Mondar mandir dgn semangat 30 menit... hihi... drpd ngga

      Delete
  11. Sip infonya. Setuju banget. Kebetulan saya lagi menjalani pola hidup rendah karbo nih, Mbak. Low carbon banget trus ga konsumsi gula dan tepung2an sama sekali. Minum air putih pun udah biasa 3 liter dalam sehari. Bisa kok kalau komitmen kita kuat. Yes, jadi enteng di badan dan tentu aja BB turun.
    Nice info :)

    ReplyDelete
  12. Bener nih... godaan tepung-tepungan memang dahsyat. Soalnya kelompok ini enak semua, hihi. Padahal itu yg bahaya ya. Thanks tipsnya mbak

    ReplyDelete
  13. Kalau saya sudah melakukannya tiap hari mbak, tapi tubuh saya hanya ngefek kalau pola makan food combining aja, hehehe. Karena kalau pola makan enggak diubah enggak bisa turun nih BB saya, hihihi

    ReplyDelete