7 Tips Belajar Bahasa Asing, Simak Yuk!

Koleksi Pribadi

Mempelajari Bahasa asing tentu banyak manfaatnya. Selain untuk menambah skill, bahasa asing juga akan sangat berguna saat kita mencari pekerjaan. Tentunya kemampuan berbahasa asing akan memiliki nilai tambah tersendiri. Selain itu, biasanya orang belajar bahasa asing karena adanya tuntutan dari pekerjaan atau karena merupakan mata kuliah/mata pelajaran yang harus diambil. Ngga mudah memang untuk bisa mahir berbahasa asing, selain kata-katanya terdengar aneh untuk kita, cara pengucapan dan intonasinya juga berbeda. Berikut 7 tips untuk belajar bahasa asing, simak yuk!


1. 1.  Perbanyak latihan soal
Dengan banyak latihan mengerjakan soal, kita jadi terlatih, terbiasa dan mudah memahami tata bahasanya. Selain itu otomatis kosa kata kita juga bertambah.

2. 2.  Berbicara bahasa asing
Usahakan meluangkan waktu untuk berbicara bahasa asing setiap hari. Ngga perlu lama-lama, cukup 30 menit - 1 jam sehari, yang penting rutin. Misalnya kita bisa berbicara tentang hal-hal yang memang sedang dipelajari, atau berbicara tentang kegiatan dan benda-benda yang ada di sekitar kita. Ajak pasangan, teman, atau anak-anak berbicara bahasa asing. Walaupun mereka ngga merespon, yang penting kita menjadi terbiasa dan lama-lama mereka juga akan ikut merespon.

3.3.   Membaca buku cerita berbahasa asing
Dengan membaca buku bahasa asing, kita akan sering menemukan kosa kata baru, mengenal pola kalimatnya, dan menemukan ungkapan-ungkapan yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Pilih buku-buku bacaan yang ringan-ringan aja, misalnya buku cerita, komik, atau novel dengan topik yang kita sukai. Awalnya akan terasa berat dan akan sering buka kamus, tetapi lama-kelamaan mudah-mudahan terbiasa.

4. 4.  Mendengarkan lagu-lagu berbahasa asing
Untuk melatih pendengaran dan cara pengucapan, banyak mendengarkan lagu-lagu berbahasa asing juga sangat membantu. Kita bisa membaca liriknya dan ikut bernyanyi. Dengan begitu kita juga bisa sekalian mengoreksi cara pengucapannya.

5.5.   Menonton film berbahasa asing
Menonton film berbahasa asing juga akan membantu kita untuk melatih pendengaran, memperbaiki ejaan, cara pengucapan dan juga menambah kosa kata baru.

6.6.    Menulis
Cobalah menulis dengan menggunakan bahasa asing. Yang simple-simpel aja, atau cukup menulis di buku diary juga ngga apa-apa. Yang penting rajin latihan.

7.7.    Mengikuti Kursus Bahasa Asing
Akan lebih baik lagi kalau kita menyempatkan diri untuk mengikuti kursus bahasa asing. Selain langsung belajar dari ahlinya, kita juga akan mempunyai teman untuk langsung praktek berbicara bahasa asing. Dan pastinya akan banyak mengerjakan latihan soal, membaca, mendengarkan, dan mendapat metode-metode agar lebih lancar dan mahir.

Demikian tips dari saya yang juga sedang belajar bahasa asing. Semoga tips diatas bisa bermanfaat. Dan yang terpenting kita harus menyukai dan menikmati proses belajarnya. Selamat mencoba!

0 Comments