Review Kelas Blog For Beginner

Ketika aku memutuskan untuk ikut kelas Blog for Beginner awalnya karena aku penasaran aja. Seperti apa sih blog itu dan apa iya bisa berpenghasilan dari menjadi blogger? Sama sekali ngga terpikirkan olehku untuk membuat blog apalagi menjadi blogger. Apalagi aku merasa udah telat banget menjadi blogger di usiaku sekarang ini. Tetapi kelas blogging yang diadakan oleh Joeragan Artikel dan dipandu oleh Mbak Rahayu Asda dengan admin Mbak Nova Bahri ini ternyata menarik. Dan pesertanya juga ada yang seusiaku. Jadi ngga malu-maluin banget lah. Berikut reviewnya :


1. Hari pertama adalah pengenalan tentang blog yang materinya disampaikan melalui slide di grup facebook. Disitu dijelaskan tentang tutorial membuat blog dari nol. Kita tinggal mengikuti langkah-langkahnya dan jadilah platform blog buatanku.
2. Setelah peserta berhasil membuat blog, pendampingan dilanjutkan di grup whatsapp. Peserta diberi tugas untuk membuat 3 artikel, yaitu tentang "Mengapa Menulis di Blog", "Tentang Saya", dan "Kota Impian."
3. Kemudian peserta diajarkan cara untuk membuat tampilan blog yang menarik. Disini juga kita tinggal mengikuti step by stepnya aja. Dan jika kesulitan, kita bisa wapri mentornya aja.
4. Setelah tampilan blog menjadi lebih menarik, lanjut ke materi berikutnya yaitu Tutorial Costume Sidebar yang berisi Tutorial About Me, Tutorial memasang widget media sosial, dan Tutorial memasang menu navigasi.
5. Di akhir masa pendampingan, peserta diberikan materi mengenai :
- Apa sih Blog Top Level Domain itu?
- Mengenal DA/PA dalam blogging
- Cara mendapat penghasilan dari blogging
- Rekomendasi komunitas Blogger untuk emak-emak
- Tips berpenghasilan dari blog ala Rahayu Asda
- Belajar konsisten ala Linjda Ikeji, blogger Nigeria yang penghasilannya 1M dari blogging

Demikian review tentang kelas Blog for Begginer yang diadakan oleh Joeragan Artikel. Secara keseluruhan materi, penjelasan, dan pendampingan oke banget. Mudah dimengerti dan dipraktekkan. Kalaupun mengalami kesulitan, kita bisa wapri mentornya aja. Dan pada akhirnya semua berpulang pada kita sendiri, jika memang serius menjadi blogger berarti kita harus konsisten merawat blog, rajin menulis artikel, dan banyak belajar, karena segala sesuatu itu berproses, ngga ada yang instan.

0 Comments